Mengembangkan Karakter Siswa Yang Unggul dan Mandiri Melalui Pendekatan Deep Learning Dalam Pembelajaran PAK
DOI:
https://doi.org/10.52489/juteolog.v5i2.236
Keywords:
Karakter siswa, Deep learning, Pendidikan Agama KristenAbstract
Pendidikan yang efektif tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa yang unggul dan mandiri. Saat ini, banyak peserta didik mengalami krisis moral, seperti mudah berkata kasar, kurang sopan, serta kecanduan bermain game. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya apresiasi dari lingkungan sekitar dan tingginya paparan dunia maya yang minim nilai etika. Akibatnya, karakter anak menjadi rapuh dan jauh dari sikap santun dan tanggung jawab. Untuk mengatasi permasalahan ini, pendidikan perlu mengadopsi pendekatan yang lebih holistik. Salah satu strategi yang efektif adalah penerapan metode deep learning, yakni pendekatan pembelajaran yang menekankan proses belajar yang mendalam, reflektif, dan bermakna. Tujuannya adalah agar siswa tidak hanya memahami materi secara konseptual, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, serta nilai-nilai karakter seperti jujur, disiplin, sopan, rendah hati, dan tanggung jawab. Artikel ini disusun menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengkaji berbagai sumber yang berkaitan dengan penerapan deep learning dalam pembentukan karakter siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode ini mampu merangsang aktivitas berpikir tingkat tinggi dan mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dan kolaboratif dalam pembelajaran. Dengan demikian, deep learning tidak hanya meningkatkan aspek akademik, tetapi juga sangat efektif dalam membangun karakter siswa yang tangguh secara moral dan spiritual.
Downloads
References
Adison & Suryadi. (2022). Gambaran Bentuk Disiplin Peserta Didik di Kelas VII SMP N 1 Koto XI Tarusan. Journal on Education, 05(01), 1101–1109.
Alya Fitriyani, S. (2025). Analisis Literatur: Pendekatan Pembelajaran Deep Learning Dalam Pendidikan. 2(3), 50–57.
Ardini, S. N., Jayanti, I. D., Ulfah, M., & Saputro, B. A. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Universitas Pgri Semarang Tahun 2020-2021: Permasalahan Dan Solusi. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 7(2), 163–179. https://doi.org/10.26877/jp3.v7i2.10662
Azzarima, M., Rizky Pratama, H., & Settiya, M. W. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran Pada Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dasar. C.E.S, 1(1), 411–418. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19757/6753
Diputera, A. M. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful , Mindful dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. December. https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.67168
Djaenudin, A. (2021). Urgensi Penyesuaian Metode Pembelajaran Di Era Disruptive Technology. Jurnal Pari, 7(1), 1. https://doi.org/10.15578/jp.v7i1.10285
Djoys Anneke Rantung, & Fredik Melkias Boiliu. (2020). Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang Antisipatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Shanan, 4(1), 93–107. http://repository.uki.ac.id/9076/1/TeknologiDalamPembelajaranPendidikanAgamaKristen.pdf
Nik Haryanti., & Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana. (2025). Model Pembelajaran & Implementasi Kurikulum Deep Learning (Membangun Karakter Peserta Didik). Eureka Media Aksara.
Sadam Fajar Shodiq. (2023). Buku Pengembangan Kurikulum (Membangun Kurikulum Yang Efektif Dan Relevan). Azyan Mitra Media.
Ekoprojo, Herman Sjahthi Wibowo, M. (2024). Pendidikan Kristen Membentuk Karakter Dan Nilai-Nilai Kristus Dalam Konteks Modern. DIDASKALIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5, 15–28.
Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062
Farida, A. R. (2022). Millennial Teachers For Gen Z. Noktah.
Febrian, V., & Harmanto, H. (2021). Strategi Penanaman Karakter Mandiri Dan Disiplin Melalui Metode Pembiasaan Di Smpn 3 Peterongan Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 412–426. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p412-426
Kiawati, K., & Prayitno, Agus. (2021). Pergaulan menurut Amsal 17: 17 sebagai makhluk sosial dalam kebersamaan. FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 219-235.. https://doi.org/10.55772/filadelfia.v2i2.41
Lahagu, A. (2020). Peran PAK Dalam Membangun Karakter Remaja Sekolah Menengah Pertama. Osfpreprint, 1, 126.
Lubis, Y. W. (2024). Pembentukan Karakter Unggul: Analisis Optimalisasi Pendidikan Melalui Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Di MAN 2 Deli Serdang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 274–282. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/554
Miramur Permata Sari , Fitriah Hayati, dan F. (2022). Analisis Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Khairani Aceh Besar. Universitas Bina Bangsa Getsempena.
Muvid, M. B., & Surabaya, U. D. (2024). Menelaah Wacana Kurikulum Deep Learning: Urgensi Dan Peranannya Dalam Menyiapkan. 3(2), 80–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.14403663
Napitupulu, S. R., Sidabutar, I. S. D., & Gultom, M. (2024). Peranan Pak Remaja Dan Pemuda Dalam Membangun Karakter Yang Solider Dan Rendah Hati Berdasarkan Nilainilai Kristiani Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil: Nilainilai Kristiani Menjadi Pegangan Hidupku (Matius 5:3-30 , GALATIA 5:22-26 ). 3.
Nurojiyah, S. (2024). Penerapan Budaya 5S Sebagai Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Torgamba. ALACRITY: Journal of Education, 4(2), 36–44. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i2.302
Patimah, S., Chan, F., Guru Sekolah Dasar, P., & Jambi, U. (2024). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa Di Sekolah Dasar. 22(2), 2024.
Penilaian Karakter Siswa: Ari Setiawan. (n.d.).
Picanussa, B. E. (2021). Nyanyian sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. 7(2), 424–434.
Puspitasari, S., & Harianti, R. (2024). Implementasi Penanaman Karakter Mandiri melalui Pengelolaan Kelas di Kelas 3 SDN Ketawanggede Kota Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(3), 6–12. https://doi.org/10.17977/um063.v4.i3.2024.6
Rendi Rendi, Gresia Monika Sinaga, & Sandra Rosiana Tapilaha. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Berbasis Nilai-Nilai Kristen. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Katolik, 2(1), 134–144. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i1.204
Retnasari, L., & Sumaryati, S. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Integritas Berbasis Masyarakat di Satuan Pendidikan Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1739
Rohman, M. A. A. (2019). Pendidikan karakter di Sekolah menengah pertama (smp): teori, metodologi dan implementasi. Ejournal.Insuriponorogo.Ac.Id, 11, 125. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/96
Sari, A. W., Arta, D. J., Studi, P., Bahasa, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2025). Implementasi Deep Learning: Suatu Inovasi Pendidikan. 13(01).
Simanjuntak, J. M. (2023). Desain Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. CV. Andi Offset.
Susanto, A., Lubis, M., Magister, J., Pendidikan, T., Pascasarjana, S., Muhammadiyah, U., Pendidikan, J., Inggris, B., Pascasarjana, S., & Muhammadiyah, U. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Menjaga Kebersihan Pada Siswa. November, 1–6.
Tobing, N. F. L. (2020). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 77–108.
Yulianti, L., & Nora, D. (2022). Strategi Mengatasi Perilaku Indisipner Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 237–245. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i3.160
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Teologi (JUTEOLOG)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.